Featured

    Featured Posts

Menkes Tak Habis Pikir, Tulisan 'Mengerikan' di Kemasan Rokok Nggak Bikin Takut Perokok

Menkes Tak Habis Pikir, Tulisan 'Mengerikan' di Kemasan Rokok Nggak Bikin Takut Perokok - TRIBUNNEWS.COM, MATARAM - Ajang Jambore Perdesaan Sehat 2013 menjadi medium yang dimanfaatkan Menteri Kesehatan (Menkes) Nafsiah Mboi untuk mengampanyekan larangan merokok.

Secara tegas, ia mengungkapkan, perokok sebenarnya sudah menyengsarakan orang-orang di sekitarnya, baik di level keluarga maupun masyarakat secara umum.

"Bayangkan saja, merokok itu bisa menyebabkan penyakit jantung, stroke dan cacat janin. Tapi sepertinya itu tak diperhatikan perokok. Padahal, justru mereka-lah yang membuat kualitas hidup kesehatan semakin menurun," kata Nafsiah, di Mataram, Rabu (20/11/2013).

Terciptanya pengaruh perokok biasanya justru secara tak langsung. Nafsiah memberi contoh nyata, saat perokok terkena penyakit jantung atau stroke, justru keluarga yang 'sengsara'. "Kalau penyakit jantung, penderita bisa langsung meninggal. Tapi kalau stroke, penderita akan merasakan rasa sakit yang lama, dan itu membuat orang di sekitarnya akan terganggu," sebut Nafsiah.

Menteri berusia 73 tahun in mengakui, saat ini pihaknya terus memberi pengertian pada perokok untuk menghentikan aktivitas itu.

"Ternyata tulisan 'mengerikan' di bungkus rokok tak berpengaruh besar. Tapi kita tak putus asa, karena bisa memberi banyak masukan pada generasi muda agar tak menyentuh rokok. Selain itu, kampanye dengan metode menakut-nakuti juga terus dilakukan," jelas Nafsiah.


dokumentasi
Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi dan ilustrasi rokok. 

Solusi lain yang ditawarkan pemerintah antara lain kampanye preventif diri sendiri atau mengandalkan kesadaran diri. Ada juga sistem gotong royong dalam penanganan kesehatan. Artinya, ada kreasi seperti tabungan siaga desa dengan dana dari masyarakat untuk membiayai pengobatan atau kegiatan kesehatan di lingkungan desa.

sumber ]
author

Author Name

Author Description!

Get Free Email Updates to your Inbox!

Posting Komentar

Pertanyaan komentar selain Informasi harga detail spesifikasi produk gadget hp pc laptop elektronik motor mobil motor kawasaki honda suzuki accesories Harga Mobil tidak akan dijawab, contoh pengen kenalan, kalo pengen kenal di G+ aja, 0key... :-)

www.CodeNirvana.in

Copyright © Info harga spesifikasi 2018