Featured

    Featured Posts

Abu Gunung Merapi 'Selimuti' 5 Kota, Terbawa Angin hingga 60 Km

Abu Gunung Merapi 'Selimuti' 5 Kota, Terbawa Angin hingga 60 Km - Kedahsyatan 'batuk' Gunung Merapi cukup terasa. Lima kota terkena dampaknya. Abu vulkanik terbawa angin ke kota-kota tersebut.

"Abu terbawa angin ke timur, sampai Sragen dan Karanganyar," kata Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Subandriyo kepada wartawan di Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) DIY, di Jl Kenari Yogyakarta, Senin (18/11/2013).

Selain Sragen dan Karangnyar, kota yang terkena dampaknya adalah Klaten, Solo, dan Boyolali. Abu menyelimuti kota-kota tersebut selama beberapa saat. Bekas-bekas hujan abu masih terlihat hingga saat ini, menempel di atap rumah, mobil, jalan, dan pepohonan. 

"Terbawa sampai 60 km," jelas Subandrio.

Dari alat pantau, letusan freatik Merapi menyebabkan material tersembur ke atas setinggi 2 km. Kemudian terbang mengikuti arah angin. "Letusan sebelumnya ke barat. Tapi karena tadi angin ke timur, material ke sana," ungkapnya.

Subandrio menambahkan kejadian semacam ini bukan yang pertama. Sejak erupsi 2010 lalu sudah beberapa kali terjadi peristiwa serupa. Tidak ada gejala awal yang jelas. Alat seismograf landai. Hingga semenit sebelum letusan, kondisi tekanan juga gas normal.

"Status tetap Normal. Kami merekomendasikan pendakian sampai Pasar Bubar saja, tidak sampai ke puncak. Karena bisa terjadi lontaran batu," katanya.


Letusan terjadi sekitar pukul 04.53 WIB. Warga di sekitar puncak, terutama di Klaten dan Sleman, sempat mengungsi ke balai desa dan pos bencana. Namun setelah kondisi normal, mereka kembali ke rumah dan beraktivitas seperti biasa. 

sumber ]
author

Author Name

Author Description!

Get Free Email Updates to your Inbox!

Posting Komentar

Pertanyaan komentar selain Informasi harga detail spesifikasi produk gadget hp pc laptop elektronik motor mobil motor kawasaki honda suzuki accesories Harga Mobil tidak akan dijawab, contoh pengen kenalan, kalo pengen kenal di G+ aja, 0key... :-)

www.CodeNirvana.in

Copyright © Info harga spesifikasi 2018