Featured

    Featured Posts

Dealer Nissan : TEKNOLOGI NISSAN X-Tronic CVT LEBIH NYAMAN BERKENDARA



TEKNOLOGI NISSAN
X-Tronic CVT
LEBIH NYAMAN BERKENDARA


Teknologi X-Tronic CVT yang diterapkan oleh NISSAN bukan hanya sekedar kenyaaman saja, CVT menjanjikan penghematan bahan bakar dan NISSAN berhasil membuktikannya..!


Industri otomotif modern yang memproduksi mobil-mobil semakin banyak kita temui kemajuan teknologi yang diaplikasikan pada mobil yang dipasarkan sekarang. Kemajuan teknologi yang diterapkan pada mobil salah satunya adalah teknologi transmisi. Melihat rancang bangun yanng semakin kompleks, tenologi transmisi ini memberikan kemajuan yang cukup signifikan dengan hasil meningkatkan efesiensi yang semakin tinggi.

Teknologi transmisi yang belakangan ini sangat terlihat kemajuannya adalah jenis Xtronic Continuosly Variable Transmission atau biasa disebutkan secara singkatan CVT. Memang kenyataannya, teknologi CVT ini sudah lama ada. Dalam sebuah literatur menyebutkan mekanisme CVT sudah digunakan pada aircraft electrical power generating system di tahun 1950-an. Selanjutnya ditahun 1970-an, CVT telah digunakan dalam dunia balap mobil. Perlombaan balap mobil F1 pernah memperbolehkan mobil-mobil berpacu memanfaatkan kehebatan CVT. Namun akhirnya dilarang penggunaannya dengan mengatasnamakan keadilan iklim kompetisi, sebab tim yang punya modal besar bisa dipastikan yang paling bisa memaksimalkan keunggulan teknologi CVT.
Perlu dicatat disini bahwa teknologi CVT merupakan teknologi yang berpotensi besar menjadi salah satu andalan masa depan untuk mobil-mobil modern.

Sebenarnya, seperti apakah teknologi CVT ? Definisi yang mudah dijelaskan mengenai CVT adalah merupakan Transmisi Otomatis yang memiliki infinite gear ratio yang rationya berada antara rentang rasio minimum dan maksimum yang ditetapkan oleh pabrikan pembuatnnya.  CVT ini akan sangat berbeda dengan transmisi manual atau otomatis konvensional yang rasio giginya tetap. Artinya, bila mobil bertransmisi manual atau otomatis konvensional punya 5 tingkat percepatan, maka rasio giginya hanya ada 5 saja. Hal ini sangat berbeda dengan teknologi CVT yang rasio giginya berada disepanjang nilai minimal dan maksimal tersebut. Cara kerja CVT ini dapat melakukan pergantian gigi secara berkelanjutan yang tidak bisa dilakukan oleh transmisi konvensional.

Teknologi CVT dapat melakukan penyesuaian terhadap setiap perubahan kecepatan mobil, sehingga membuat mesin selalu berada dalam kondisi kerja yang optimal. Kondisi yang optimal ini akan berimbas pada konsumsi bahan bakar yang tentunya akan semakain efesien. Jadi artinya saat efesiensi itu terjaga maka otomatis emisi juga bisa terkendali.

Pada saat berkendara dengan transmisi otomatis konvensional, kita masih merasakan adanya hentakan tiap terjadi perpindahan rasio gigi, dengan teknologi CVT bisa dihilangkan kelemahan tersebut. Keunggulan inilah yang membuat penerapan teknologi CVT mampu memberikan dukungan “program” kenyamanan tiap mobil yang menggunakan CVT.

Produk NISSAN telah banyak yang menggunakan transmisi CVT ini pada modelnya seperti All New X-Trail, Juke, Teana, All New Serena dan yang terbaru adalah pada All New Grand Livina kini konsumen punya pilihan transmisi CVT. Sehingga dari beberapa model terlihat bahwa transmisi CVT tidak khusus diterapkan pada mobil tertentu. Semua jenis mobil dapat merasakan keunggulan yang dimiliki CVT.
Kapasitas mesin tidak membatasi ruang lingkup kerja CVT, semuanya tergantung dari torque rating dan kekuatan belt (sabuk) atau chain (rantai) yang digunakannya. Penerapan transmisi CVT sebelum tahun 2005, kebanyakan masih menggunakan sabuk dan lebih cocok untuk light duty vehicle. Seiring dengan kemajuan teknologi dan pemilihan material berkualitas tinggi, CVT kini bisa digunakan untuk bus, truk dan alat berat lainnya.

Kehebatan teknologi yang diterapkan pada transmisi CVT lebih santer disuarakan para ahli, namun bagi sementara orang kondisi normal menjadi sesuatu yang kurang menarik. Para ahli pembuat transmisi akhirnya menciptakan sesuatu yang bisa meningkatkan level kemampuan CVT yaitu dengan mode Sport. Mode sport ini memungkinkan pemakainya untuk memindahkan rasio gigi secara manual.  Fitur paddle shift misalnya, membuat CVT jadi lebih menyenangkan. Dari kemajuan yang telah dicapainya, tidaklah heran bila CVT semakin banyak dipilih, baik oleh produsen mobil maupun masyarakat modern.


www.nissanpilihanku.com





author

Author Name

Author Description!

Get Free Email Updates to your Inbox!

Posting Komentar

Pertanyaan komentar selain Informasi harga detail spesifikasi produk gadget hp pc laptop elektronik motor mobil motor kawasaki honda suzuki accesories Harga Mobil tidak akan dijawab, contoh pengen kenalan, kalo pengen kenal di G+ aja, 0key... :-)

www.CodeNirvana.in

Copyright © Info harga spesifikasi 2018