Saturday, 11 January 2014

Mengetahui Teknik Bending Pipa

Teknik Bending Pipa atau cara membengkokkan pipa ternyata tidak asal membengkokkan tapi ada perhitungan-perhitungan matang atau metode yang harus diketahui sehingga hasilnya sesuai dengan keinginan kita. Ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk membengkokkan pipa logam. Walaupun banyak alat bending pipa memberikan satu set instruksi untuk hal-hal seperti batas pembengkokkan dan pemotongan pada bagian bengkok, seringkali petunjuk tersebut ditulis dengan cara yang kompleks dan membutuhkan pengetahuan matematika lebih dari rata-rata. Meskipun perhitungan matematika tidak mungkin dihilangkan dari petunjuk, adalah mungkin untuk merencanakan bagaimana membengkokkan pipa sedemikian rupa dengan perhitungan matematika aritmatika sederhana.



Ada 6 metode bending pipa. Masing-masing akan cocok untuk jenis tertentu dari pipa.

  • Pembengkokkan Ram, juga disebut incremental bending. Biasanya digunakan untuk membuat lengkungan besar untuk logam yang mudah bengkok, seperti pipa conduit. Dalam metode ini, pipa ditekan pada 2 poin eksternal dan ram mendorong pada pipa pada poros tengah untuk menekuknya. Cara ini cenderung membentuk pipa menjadi bentuk oval baik di bagian dalam dan di luar lengkungan.
  • Pembengkokkan rotary draw digunakan untuk membengkokkan pipa untuk digunakan sebagai pegangan tangan atau kerajinan logam, chassis mobil, kandang, dan bingkai Trailer, serta pipa conduit yang lebih keras. Pembengkokkan rotary draw imbang menggunakan 2 cetakan: cetakan bending stasioner dan cetakan bending dengan diameter tetap untuk membentuk lengkungan. Cara ini digunakan bila pipa yang ingin dibending perlu memiliki hasil akhir yang baik dengan diameter konstan di seluruh panjang.
  • Pembengkokkan Mandrel digunakan untuk membuat knalpot custom, tabung untuk mesin pengolah susu, dan tabung penukar panas. Selain cetakan yang digunakan dalam rotary draw bending, bending pipa dengan cara mandrel menggunakan support yang fleksibel yang ikut bengkok dengan pipa atau tubing untuk memastikan interior pipa tidak cacat.
  • Pembengkokkan induksi panas menggunakan panas dari kumparan listrik utuk memanaskan area yang akan dibengkokkan, dan kemudian pipa atau tabung dibengkokkan dengan cetakan mirip dengan yang digunakan dalam rotary draw. Logam segera didinginkan dengan air setelah pembengkokkan. Cara ini menghasilkan lengkungan yang lebih kuat daripada cara rotary draw.
  • Pembengkokkan roll, juga disebut cold bending digunakan setiap kali diperlukan lengkungan yang besar untuk pipa atau tabung. Banyak digunakan untuk pekerjaan konstruksi. Pembengkokkan roll menggunakan 3 roller yang disusun membentuk segi tiga pada satu poros untuk mendorong dan membengkokkan pipa .
  • Pembengkokkan panas, banyak digunakan dalam pekerjaan perbaikan. Logam dipanaskan di tempat harus dibengkokkan untuk menjadikannya lebih lunak.
Demikian informasi mengenai Teknik Bending Pipa, dan untuk mengetahui harga pipa silahkan kunjungi Harga Pipa Besi terbaru. Terimakasih

Sumber: http://www.pipajaya.com
Share:

Featured Post

Perbandingan harga BBM Dunia

Perbandingan harga BBM Dunia Pemerintah akhirnya menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi sebesar Rp 2.000 per liter. Harga ters...

Blog Archive